Senin, 29 April 2013

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran


B. Kurva Penawaran

            Kurva penawaran perusahaan berfungsi untuk menunjukkan berapa banyak perusahaan yang akan memproduksi keluaran untuk setiap harga pasar. Ketika produksi semakin menurun maka suatu perusahaan harus mempersiapkan sebuah keputusan, yaitu keputusan penutupan atau ( shutdown decision ), dengan melakukan hal tersebut perusahaan dapat memperkecil bahkan terhindar dari kerugian melalui dengan cara terbaik yaitu tidak memproduksi keluaran satu unitpun. Untuk sebuah perusahaan yang memiliki kurva permintaan kemiringan menurun, pendapatan marginal akan lebih kecil dari pada harga. Dalam kasus ini kurva pendapatan marginal akan terletak di bawah kurva permintaan pasar.  Ketika harga turun di bawah biaya variabel rata – rata jangka pendek, perusahaan akan memilih untuk menutup pabrik dan tidak menghasilkan keluaran (barang produksi). Kurva penawaran pasar jangka pendek menunjukkan jumlah keluaran yang akan diproduksi industri dalam jangka pendek untuk setiap kemungkinan harga. Keluaran industri adalah jumlah total yang ditawarkan oleh semua perusahaan individual.

C. Kurva Penawaran Jangka Pendek Perusahaan yang Bersaing

            Kurva penawaran suatu perusahaan menyatakan pada kita beberapa banyak keluaran ia akan memproduksi pada setiap kemungkinan harga. Kita telah melihat bahwa perusahaan – perusahaan yang bersaing akan meningkatkan keluaran sampai pada titik yang pada titik itu harga sama dengan biaya marginal. Tetapi perusahaan – perusahaan ini akan tutup jika harganya berada di bawah biaya variabel rata – rata. Karenanya, untuk keluaran yang positif kurva penawaran perusahaann adalah bagian dari kurva biaya marginal yang letaknya di atas kurva biaya variabel rata – rata. Karena kurva biaya marginal memotong kurva biaya variabel rata – rata pada titik minimumnya, kurva penawaran perusahaan adalah kurva biaya marginalnya yang berada di atas titik biaya variabel rata – rata minimum. Kurva penawaran jangka pendek cemderung ke atas dengan alasan yang sama yang meningkatkan biaya marginal – adanya laba yang berkurang pada satu atau lebih faktor produksi. Akibatnya, suatu peningkatan dalam harga pasar akan memacu perusahaan – perusahaan yang sudah ada di pasar untuk meningkatkan jumlah – jumlah produksinya. Harga yang lebih tinggi membuat produksi tambahan menguntungkan dan juga meningkatkan laba total karena berlaku untuk semua unit yang diproduksi.


DAFTAR PUSTAKA

1.      Mikroekonomi Robert S. Pindyck / Daniel L Rubinfeld
2.      Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasi Walter Nicholson
http://hertoniraditya.wordpress.com/2012/03/21/penentuan-harga-permintaan-penawaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar