Penentuan Harga
Permintaan dan Penawaran
B. Kurva Penawaran
Kurva penawaran perusahaan berfungsi
untuk menunjukkan berapa banyak perusahaan yang akan memproduksi keluaran untuk
setiap harga pasar. Ketika produksi semakin menurun maka suatu perusahaan harus
mempersiapkan sebuah keputusan, yaitu keputusan penutupan atau ( shutdown decision ), dengan melakukan
hal tersebut perusahaan dapat memperkecil bahkan terhindar dari kerugian
melalui dengan cara terbaik yaitu tidak memproduksi keluaran satu unitpun.
Untuk sebuah perusahaan yang memiliki kurva permintaan kemiringan menurun,
pendapatan marginal akan lebih kecil dari pada harga. Dalam kasus ini kurva pendapatan
marginal akan terletak di bawah kurva permintaan pasar. Ketika harga turun di bawah biaya variabel
rata – rata jangka pendek, perusahaan akan memilih untuk menutup pabrik dan
tidak menghasilkan keluaran (barang produksi). Kurva penawaran pasar jangka
pendek menunjukkan jumlah keluaran yang akan diproduksi industri dalam jangka
pendek untuk setiap kemungkinan harga. Keluaran industri adalah jumlah total
yang ditawarkan oleh semua perusahaan individual.
C. Kurva Penawaran
Jangka Pendek Perusahaan yang Bersaing
Kurva penawaran suatu perusahaan
menyatakan pada kita beberapa banyak keluaran ia akan memproduksi pada setiap
kemungkinan harga. Kita telah melihat bahwa perusahaan – perusahaan yang
bersaing akan meningkatkan keluaran sampai pada titik yang pada titik itu harga
sama dengan biaya marginal. Tetapi perusahaan – perusahaan ini akan tutup jika
harganya berada di bawah biaya variabel rata – rata. Karenanya, untuk keluaran
yang positif kurva penawaran perusahaann adalah bagian dari kurva biaya
marginal yang letaknya di atas kurva biaya variabel rata – rata. Karena kurva
biaya marginal memotong kurva biaya variabel rata – rata pada titik minimumnya,
kurva penawaran perusahaan adalah kurva
biaya marginalnya yang berada di atas titik biaya variabel rata – rata minimum.
Kurva penawaran jangka pendek cemderung ke atas dengan alasan yang sama yang
meningkatkan biaya marginal – adanya laba yang berkurang pada satu atau lebih
faktor produksi. Akibatnya, suatu peningkatan dalam harga pasar akan memacu
perusahaan – perusahaan yang sudah ada di pasar untuk meningkatkan jumlah –
jumlah produksinya. Harga yang lebih tinggi membuat produksi tambahan
menguntungkan dan juga meningkatkan laba total karena berlaku untuk semua unit
yang diproduksi.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Mikroekonomi Robert S. Pindyck / Daniel L Rubinfeld
2.
Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasi Walter Nicholson
http://hertoniraditya.wordpress.com/2012/03/21/penentuan-harga-permintaan-penawaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar