Penentuan
Harga Permintaan dan Penawaran
Penawaran
Elastisitas – elastisitas penawaran
juga berbeda bagi jangka panjang dengan jangka pendek. Untuk kebanyakan produk
penawaran jangka panjang jauh lebih elastis terhadap harga dari pada penawaran
jangka pendek, karena perusahaan – perusahaan menghadapi kendala kapasitas dalam
jangka pendek dan perlu untuk memperluas kapasitas mereka dengan membangun
fasilitas produk si baru dan memperkerjakan karyawan tambahan. Bukan artinya
bahwa jumlah yang ditawarkan tidak akan meningkat dalam jangka pendek jika
harga naik secara tajam. Bahkan dalam jangka pendek, perusahaan dapat
meningkatkan keluarannya dengan memakai fasilitas mereka yang ada dengan
menggunakannya lebih banyak jam per minggu, membayar karyawan untuk kerja
lembur, dan segera mempekerjakan karyawan baru. Tetapi perusahaan – perusahaan
akan mampu memperluas keluaran jauh lebih banyak bila diberikan waktu untuk
memperluas fasilitas mereka dan memperkerjakan tenaga kerja permanen yang lebih
baik.
A. Penawaran Harga
Penawaran harga dalam jangka pendek
merupakan ilustrasi terakhir dan paling penting dari asumsi maksimal laba.
Penawaran harga pada jangka pendek ini mengarah pada penawaran pasar dan
penentuan harga. Pada penawaran jangka pendek markup ditetapkan dengan cara
yang memaksimalkan laba, maksudnya adalah kondisi pasar sangat menentukan
harga. Penawaran pada jangka pendek perusahaan harus memproduksi kuantitas
dimana biaya marginal sama dengan harga. Dalam pengambilan keputusan tentang
keluaran perusahaan hendaknya memproduksi tingkat keluaran untuk mana
pendapatan marginal sama dengan biaya marginal.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Mikroekonomi Robert S. Pindyck / Daniel L Rubinfeld
2.
Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasi Walter Nicholson
http://hertoniraditya.wordpress.com/2012/03/21/penentuan-harga-permintaan-penawaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar