Senin, 29 April 2013

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran


Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran


Penawaran

            Elastisitas – elastisitas penawaran juga berbeda bagi jangka panjang dengan jangka pendek. Untuk kebanyakan produk penawaran jangka panjang jauh lebih elastis terhadap harga dari pada penawaran jangka pendek, karena perusahaan – perusahaan menghadapi kendala kapasitas  dalam jangka pendek dan perlu untuk memperluas kapasitas mereka dengan membangun fasilitas produk si baru dan memperkerjakan karyawan tambahan. Bukan artinya bahwa jumlah yang ditawarkan tidak akan meningkat dalam jangka pendek jika harga naik secara tajam. Bahkan dalam jangka pendek, perusahaan dapat meningkatkan keluarannya dengan memakai fasilitas mereka yang ada dengan menggunakannya lebih banyak jam per minggu, membayar karyawan untuk kerja lembur, dan segera mempekerjakan karyawan baru. Tetapi perusahaan – perusahaan akan mampu memperluas keluaran jauh lebih banyak bila diberikan waktu untuk memperluas fasilitas mereka dan memperkerjakan tenaga kerja permanen yang lebih baik.

A. Penawaran Harga

            Penawaran harga dalam jangka pendek merupakan ilustrasi terakhir dan paling penting dari asumsi maksimal laba. Penawaran harga pada jangka pendek ini mengarah pada penawaran pasar dan penentuan harga. Pada penawaran jangka pendek markup ditetapkan dengan cara yang memaksimalkan laba, maksudnya adalah kondisi pasar sangat menentukan harga. Penawaran pada jangka pendek perusahaan harus memproduksi kuantitas dimana biaya marginal sama dengan harga. Dalam pengambilan keputusan tentang keluaran perusahaan hendaknya memproduksi tingkat keluaran untuk mana pendapatan marginal sama dengan biaya marginal.

DAFTAR PUSTAKA

1.      Mikroekonomi Robert S. Pindyck / Daniel L Rubinfeld
2.      Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasi Walter Nicholson
http://hertoniraditya.wordpress.com/2012/03/21/penentuan-harga-permintaan-penawaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar